Gandeng Universitas Telkom serta BSN, PNM Bandung Gelar Sosialisasi Sertifikasi SNI untuk Nasabah

PT Permodalan Nasional Madani( Persero) Cabang Bandung Berkolaborasi dengan Universitas Telkom selaku Dedikasi Warga serta Tubuh Standardisasi Nasional( BSN) menggelar kegiatan sosialisasi sertifikasi pangan serta non pangan secara daring pada, Kamis,( 08/ 04/ 2021) kemarin.

Kegiatan yang ialah bagian dari aktivitas teratur Pengembangan Kapasitas Usaha( PKU) buat membangun serta tingkatkan awareness para pelakon UMKM di Indonesia menimpa berartinya Standardisasi serta Sertifikasi SNI untuk produk pangan serta non pangan UMKM demi melindungi mutu produk serta efisiensi usaha

Baca Juga : Ketahui Jenis Jerawat Akan Sangat Membantu Dalam Perawatan Jerawat Anda

Tujuannya, supaya produk UMKM yang bersertifikasi bisa diterima serta dibeli oleh konsumen serta bisa menjamin para pelakon UMKM jadi lebih nyaman sehingga bebas dari pelanggaran hak kekayaan intelektual. Tidak hanya itu, supaya tidak dicuri dan membagikan jaminan kepada konsumen kalau mutu produk memanglah cocok dengan apa yang dijanjikan sehingga tingkatkan keyakinan konsumen.

Kegiatan daring ini diiringi oleh 90 orang partisipan pelakon UMKM yang jadi nasabah Unit Layanan Modal Mikro PT PNM( Persero) cabang Bandung.

Tidak hanya itu, kegiatan ini dihadiri oleh sebagian narasumber antara lain Dekan Fakultas Komunikasi serta Bisnis, Universitas Telkom, Ade Irma Susanty, Ph. D., Pemimpin Cabang PT. PNM( Persero) Cabang Bandung, Umar Lutfi, Koordinator Fasilitasi Pelakon Usaha BadanStandardisasi Nasional, Nur Hidayati serta Dosen Program Riset Ilmu Komunikasi Universitas Telkom sebagai moderator, Dokter. Maylanny Christin, Meter. Si

Dalam sambutannya pimpinan PT PNM cabang Bandung, Umar Luthfi berkata kalau di masa pandemi ini PNM berkomitmen buat senantiasa berfungsi aktif dalam pengembangan Kapasitas Usaha Nasabah memalui pendampingan- pendampingan pelatihan Online spesialnya terhadap Nasabah PNM.

” Pastinya sebagaimana yang diamanahkan pemerintah buat bisa berfungsi aktif dalam menolong pengembangan kapasitas usaha pelakon UMKM Indonesia, dikala ini PNM mempunyai 2 produk pembiayaan dengan produk Mekar( Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) serta UlaMM( Unit Layanan Modal Mikro) yang dimana produknya silih berkaitan,” katanya.

Lanjutnya, Produk Mekar ini sendiri ialah produk pembiayaan kelompok ataupun tim lending dengan plafond pembataan 2- 5jt serta setelah itu terdapat pembiayaan yang relatif kecil ialah pembiayaan UlaMM dengan besaran Plafond 7- 50 jt apalagi dapat dicoba pembiayaan hingga dengan 100jt.

” Dikala ini PNM mempunyai jumlah nasabah sebesar 8. 9jt tersebar di segala Indonesia dengan jumlah pasangan 41 ribu. Hingga dari itu, PNM Sangat tidak berubah- ubah buat menunjang pelakon UMKM di segala Indonesia. UMKM ini bergerak dalam sector ril yang ialah tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga diharapkan segala pelakon UMKM bisa hadapi kenaikan usahanya pasti diiringi dengan kenaikan Omset,” jelasnya

Pada peluang yang sama, sebagai Dekan Fakultas Komunikasi serta Bisnis, Universitas Telkom Ade Irma Susanty, Ph. D dalam sambutanya berharap supaya sosialisasi yang diselenggarakan oleh Telkom University bersinergi dengan PT PNM serta BSN, bisa Membagikan dampak positif untuk serta donasi nyata Untuk UMKM.

” Dengan proses sertifikasi SNI, pelakon UMKM dalam prosesnya lebih tertib, nyaman serta terstandarisasi setelah itu outputnya juga buat produk jadi terbukti serta bias dipercaya oleh konsumen, sehingga kala mutu telah terstandarisasi hendak berdaya saing besar,” terangnya.

Koordinator Fasilitasi Pelakon Usaha Tubuh Standardisasi Nasional, Nur Hidayati mengatakan kalau BSN terus melaksanakan pembinaan pelaksanaan SNI terhadap produk UMKM. Perihal ini dicoba guna tingkatkan energi saing, nilai tambah produk dan memperluas pemasaran produk UMKM.

“ Sertifikasi SNI ialah senjata jitu untuk UMKM dalam Menembus serta memahami pasar,” ungkapnya

Ia pula menarangkan, dengan mengantongi SNI keyakinan konsumen terhadap produk hendak bertambah sebab telah tersertifikasi nyaman sehat serta bermutu. Tubuh Standarisasi nasional selaku salah satu lembaga pemerintah, memiliki tugas buat tingkatkan energi saing UMKM lewat pelaksanaan SNI.

Leave a Reply