Hak Kekayaan Intelektual Bisnis

Kekayaan intelektual, meskipun tidak berwujud, tetap dapat dimiliki dan hak kekayaan intelektual Anda harus dilindungi. Bisnis modern, terutama sejak kebangkitan internet telah menyaksikan peningkatan penciptaan kekayaan intelektual. Namun internet semakin memudahkan seseorang untuk mencuri ide dan pekerjaan Anda. Seorang pengacara kekayaan intelektual yang dilatih untuk membantu mengklaim kembali hak paten, merek dagang, hak cipta, dan rahasia hak kekayaan intelektual dagang dapat membantu melindungi kekayaan intelektual Anda.

Jenis kekayaan intelektual termasuk paten, merek dagang dan pakaian dagang, hak cipta, dan rahasia dagang.

Paten

Paten diberikan oleh pemerintah dengan mengizinkan (biasanya) 20 tahun monopoli atas penemuan yang sebelumnya “tidak diketahui secara umum”. Paten dimaksudkan untuk mendorong investasi dalam penelitian dan pengembangan. Jika Anda membuat proses baru yang berguna untuk melakukan sesuatu, mesin, manufaktur, atau bahkan perbaikan pada sesuatu yang sudah ada, Anda dapat mematenkan penemuan Anda dan melarang orang lain untuk “membuat, menggunakan, menawarkan untuk dijual, atau menjual … atau mengimpor “invensi di AS Hak Anda untuk mematenkan invensi Anda adalah hak konstitusional (Pasal I, bagian 8).
Paten dibagi menjadi tiga kelompok: desain, utilitas, dan pabrik. Paten desain melindungi inovasi dalam penampilan (meskipun bukan struktur atau fungsi) suatu barang. Paten utilitas adalah untuk penemuan yang sepenuhnya baru termasuk mesin, proses industri, komposisi materi, dan barang pembuatan. Paten tanaman mencakup inovasi dalam kehidupan tanaman, seperti spesies tanaman baru yang dibuat dari reproduksi stek dan cangkok tanaman yang ada.

Pengacara paten akan meneliti sebelumnya paten yang diberikan kepada Anda untuk melihat apakah produk serupa telah dipatenkan atau apakah Anda harus mengajukan paten untuk penemuan Anda. Pengacara paten juga akan memberi tahu Anda jika ide Anda tidak dapat dipatenkan karena merupakan hukum alam, fenomena fisik, atau abstrak. Anda harus mencari paten khusus atau pengacara kekayaan intelektual karena untuk menuntut permohonan paten klien, dia harus terdaftar di kantor paten AS. Seorang pengacara paten juga harus lulus ujian sains dan teknik untuk lebih memahami dan melayani klien.

Merek Dagang

Merek dagang diberikan untuk kata, nama, simbol, atau perangkat yang memisahkan dan membedakan bisnis dan layanan. Ini termasuk nama sewenang-wenang seperti Kodak, nama sugestif seperti Caterpillar (traktor), nama deskriptif yang menunjukkan produk atau layanan bisnis, dan nama umum yang bersifat deskriptif. Nama umum dan beberapa nama deskriptif tidak dapat dilindungi, jadi merek dagang atau pengacara kekayaan intelektual harus berkonsultasi untuk mengetahui apakah nama Anda memenuhi syarat untuk hak merek dagang.
Anda juga dapat mengajukan aplikasi niat untuk menggunakan untuk memesan nama yang nantinya akan menjadi merek dagang. (Ini sangat penting dengan perluasan bisnis di internet.)

Pengacara merek dagang juga dapat dicari untuk memastikan bahwa bisnis baru Anda tidak menggunakan merek terdaftar. Konsekuensi untuk menggunakan merek terdaftar, meskipun Anda mungkin telah memasukkan uang dan iklan untuk mempromosikan bisnis Anda, termasuk dituntut atas pelanggaran.

Hak Cipta

Hak cipta melindungi ekspresi individu dari sebuah ide, tetapi tidak melindungi ide itu sendiri (lihat paten). Hak cipta dimaksudkan untuk mendorong kemajuan ilmu pengetahuan. Anda dapat memberikan hak cipta atas tulisan, pertunjukan (musik, tari), seni, suara, kompilasi Anda. Anda tidak boleh memiliki ide hak cipta atau fakta, kata, atau frasa yang tidak dikompilasi (ini bisa saja terdaftar sebagai merek dagang, jadi konsultasikan dengan pengacara kekayaan intelektual). Jika Anda mendapatkan ide atau penemuan saat bekerja untuk sebuah perusahaan, itu dapat dipatenkan atau diberi merek dagang oleh perusahaan tempat Anda bekerja, tetapi karya berhak cipta milik Anda, karyawan, bukan perusahaan yang mempekerjakan Anda. Namun, ada celah, dan pengacara kekayaan intelektual akan membantu Anda berdua dalam proses mendapatkan hak cipta atas ekspresi Anda, tetapi juga akan menghemat waktu dan masalah Anda untuk mengatasi hambatan.

Jika Anda adalah sebuah perusahaan, Anda memerlukan pengacara kekayaan intelektual yang berspesialisasi dalam hak cipta karena terutama dengan bisnis internet, Anda perlu memastikan bahwa secara kontrak desain situs web Anda dapat dilindungi hak cipta untuk perusahaan Anda dan tidak akan menjadi milik karyawan atau kontraktor independen. siapa yang membuatnya. Ini juga berlaku untuk perangkat lunak.

 

 

Leave a Reply