Ini Daftar Lengkap Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Muda

Ini Daftar Lengkap Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Muda

Bunda, sementara hamil, tubuh butuh gizi yang lebih banyak. Gizi yang tercukupi mendukung kesegaran selamanya terjaga sementara hamil. Tak cuma itu, dengan memenuhi gizi ibu hamil yang dianjurkan oleh dokter, janin juga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Asupan nutrisi yang sepadan juga mendukung meminimalisasi risiko yang tidak di inginkan sementara kehamilan. Bunda sanggup memandang daftar keperluan gizi ibu hamil muda atau trimester pertama di sini.

Angka Kecukupan Gizi ibu hamil muda (trimester pertama)
Menurut belajar Maternal Diet plus Nutrient Requirements in Pregnancy plus Breastfeeding. An Italian Consensus Document, kesegaran seseorang sanggup terbujuk berasal dari masa perkembangan janin sampai ketika bayi berusia 2 tahun.

Maka, kesegaran janin mesti dijaga dengan memenuhi gizi yang dibutuhkan, sebab nutrisi berasal dari makanan dan minuman juga dapat dikonsumsi oleh janin. Berikut adalah Angka Kecukupan Gizi (AKG) trimester pertama menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019. Semua angka yang tersedia di tabel-tabel selanjutnya adalah keperluan per hari untuk tiap-tiap ibu hamil trimester pertama.

Angka Kecukupan Energi dan Gizi makro ibu hamil muda berbadan dua sehat
Angka di bawah ini dibagi menjadi group usia 19-29 th. dan 30-49 th. dengan berat dan tinggi badan yang dirilis lewat PERMENKES RI Nomor 28 Tahun 2019. Angka yang dicantumkan merupakan wejangan kecukupan daya dan gizi, sedang angka yang terdapat di didalam keterangan (+) merupakan tambahan nutrisi yang dianjurkan sementara usia kehamilan trimester pertama, Bun.

Contohnya, bila Bunda berusia 28 th. dengan berat badan 55 kg dan tinggi badan 159 cm, maka perkiraan keperluan daya sementara hamil adalah 2430 kalori per hari.

Tabel Angka Kecukupan Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat, dan Air yang Dianjurkan

Angka Kecukupan Gizi mikro kategori vitamin ibu hamil muda klinik kehamilan jakarta dan bekasi
Jumlah yang dianjurkan didalam tabel selanjutnya ini termasuk rentang usia 19 sampai 49 tahun. Sama layaknya tabel sebelumnya, angka yang berada di didalam keterangan (+) merupakan keperluan vitamin tambahan yang diperlukan sementara kehamilan.

tabel angka kecukupan gizi mikro kategori vitamin untuk ibu hamil muda atau trimester pertama

Angka Kecukupan Gizi mikro kategori mineral ibu hamil muda
Untuk AKG mikro kategori mineral, kategori usia kembali dipisah menjadi 2 sebab perbedaan keperluan di antara 2 rentang usia tersebut. Seperti 2 tabel sebelumnya, angka yang berada di didalam keterangan (+) merupakan tambahan yang diperlukan sementara hamil trimester pertama.

angka kecukupan gizi mikro kategori mineral untuk ibu hamil muda atau trimester pertama

Tips memenuhi keperluan gizi ibu hamil
Memenuhi keperluan gizi sepadan penting untuk dikerjakan oleh Bunda. Ketika hamil, nutrisi yang dikonsumsi juga digunakan oleh janin.

Maka berasal dari itu, penuhi keperluan daya dan zat gizi makro di atas. Kemudian, zat gizi mikro yang penting untuk kehamilan adalah asam folat, kalsium, zat besi, yodium (iodium), dan seng (zink).

Cara enteng memenuhi gizi sepadan adalah mengkonsumsi makanan yang banyak variasi dengan porsi yang cocok kebutuhan. Trik enteng di bawah ini dibagikan oleh American College of Obstetricians plus Gynecologist, sanggup mendukung Bunda memenuhi keperluan gizi.

Lima style makanan didalam satu sajian
Gizi sepadan sanggup didapatkan berasal dari jenis-jenis makanan dan minuman selanjutnya ini.

Nasi atau gandum

Buah

Sayuran

Protein hewani dan nabati

Lemak

Susu

Anjuran kuantitas porsi menurut Pedoman Gizi Seimbang
Anjuran kuantitas porsi ibu hamil didalam Pedoman Gizi Seimbang dengan keperluan 2500 kalori per hari—yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan—adalah:

Nasi 6 porsi (1 porsi = 3/4 gelas atau 100 gr)

Buah 4 porsi (1 porsi = 50 gr)

Sayuran 4 porsi (1 porsi = 100 gr)

Tahu, tempe, dan kacang-kacangan sebagai protein nabati 4 porsi (1 porsi = 50 gr)

Daging untuk protein hewani 3 porsi (1 porsi daging = 35 gr atau 50 kkal; 1 potong tengah daging ayam tanpa kulit berberat 40 gr atau 1 ekor ikan selar kering berberat 20 gr setara dengan 50 kkal)

Susu ibu hamil yang terbuat berasal dari sapi 1 porsi (1 porsi =200 gr/gelas)

Minyak 6 porsi (1 porsi = 1 sendok teh atau 5 gr)

Gula 2 porsi (1 porsi = 1 sendok makan atau 20 gr)

Harap konsultasi dengan dokter berkaitan style ikan dan porsi yang terbaik untuk Bunda.

Leave a Reply