Pemasaran Lintas Budaya

Pemasaran Lintas Budaya

Pemasaran adalah fungsi penting dari Bisnis Rumahan. Bergantung pada ceruk bisnis Anda, dan apakah Anda melakukan pemasaran online atau offline atau tidak, sangat penting untuk mempertimbangkan budaya pasar dan negara yang Anda targetkan. Apa yang berhasil di satu negara mungkin dianggap tidak relevan atau menyinggung di negara lain. Bagaimana Anda berbicara dengan Pengusaha dalam budaya yang berbeda dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Pemasaran lintas budaya atau pemasaran internasional mengacu pada mempromosikan produk Anda di berbagai negara. Ini adalah pemasaran produk Anda yang dipasarkan oleh berbagai perusahaan di luar negeri atau di berbagai negara di seluruh dunia. Ada faktor-faktor kunci yang melibatkan merepresentasikan produk Anda di lingkungan yang terpisah atau unik yang sama sekali berbeda dengan masyarakat atau budaya Anda. Perbedaan budaya berdampak besar pada strategi pemasaran karena setiap bangsa atau budaya hampir saling berpisah.

Faktor kuncinya adalah: identifikasi, penargetan masyarakat, pemilihan mode masuk, bauran pemasaran dan keputusan strategis untuk bersaing dalam batas-batas internasional. Topik-topik yang perlu dibahas bahkan sebelum produk diluncurkan adalah: lingkungan hukum ekonomi dan politik, lingkungan sosial budaya, riset pemasaran lengkap wilayah, untuk mengetahui apa yang berhasil di sini dan apa yang tidak. Segmentasi dan posisi internasional juga harus dipertimbangkan untuk memutuskan segmen atau bagian mana dari masyarakat yang akan tertarik pada produk, kelompok usia, kelompok profesional, dll. Strategi produk internasional, menjelaskan bagaimana menyusun strategi produk dengan mengingat sosial budaya Indonesia yang beragam sehingga untuk mengetahui cara mengiklankannya.

Strategi penetapan harga juga harus diingat karena ada perbedaan moneter yang sangat besar antara mata uang di seluruh dunia. Apa yang bisa dihargai dalam dolar tidak bisa dibeli dengan mudah. Strategi distribusi, situasi geologi negara juga harus diperhatikan. Strategi komunikasi sangat penting yaitu untuk dapat berkomunikasi di luar negeri dan menyampaikan pesan kepada konsumen dengan cara yang dapat dimengerti. Hambatan bahasa adalah masalah sulit yang perlu diselesaikan. Dan yang tak kalah pentingnya, masa depan pemasaran di wilayah tersebut untuk produk spesifik tersebut. Mampu menganalisis sejauh mana dan seberapa sukses produk di wilayah tersebut.

Setelah keputusan untuk berinvestasi dibuat, mode bisnis harus diputuskan. Ini dapat dibagi menjadi ekspor, usaha patungan atau investasi langsung. Mengekspor adalah tempat Anda mengirim produk ke wilayah lain tetapi membuatnya sendiri. Investasi Langsung termasuk membagi masalah utama bisnis, seperti, membuat produk sendiri dan merakitnya di negara lain. Usaha patungan akan menjadi upaya gabungan antara dua atau lebih perusahaan secara internasional.

Masalah yang dihadapi adalah yang paling sulit untuk diselesaikan karena untuk apa pembeli akan membeli produk di USA, pembeli di China misalnya tidak akan membeli produk yang sama karena alasan yang sama. Oleh karena itu perbedaan budaya merupakan masalah yang sangat luas dan rumit.

Untuk memecahkan masalah dasar dalam pemasaran lintas budaya, paradigma baru telah ditetapkan. Ini terdiri dari tiga ‘R’s. Yang pertama adalah MENGAKUI. Artinya, meskipun kita tahu ada perbedaan budaya, bukan berarti kita bisa mengenalinya. ” () Isme Oleh karena itu, langkah pertama adalah menyadari bahwa ada perbedaan besar dan kita harus menerimanya.

Langkah kedua adalah MENGHORMATI. Artinya tidak ada benar atau salah. Dari mana Anda berasal dan di mana Anda berada, adalah dua entitas yang berbeda dan mereka harus dihormati. Jadi untuk bisa menghormati suatu bangsa beserta hukum dan aturannya sangatlah penting. Yang terakhir adalah RECONCILE. Artinya akan selalu ada perbedaan pendapat antara pembeli dan penjual dan pemasar harus bisa menyelesaikan atau mendamaikannya setiap saat.

Leave a Reply